Kamis, 13 Maret 2014

Dyno test, benarkah sebagai ajang marketing tools pabrikan atau ajang pamer alay hehehe?

http://9poweronline.com/wp-content/uploads/2011/04/9power03.png

Dear brow dan sis,

Membaca sejumlah tulisan di alam maya membuat saya bertanya-tanya, yaitu adanya fenomena memunculkan informasi hasil pengujian dyno test pada sejumlah kendaraan. IMHO hasil dynotest sebenarnya tidak terlalu signifikan untuk menunjukkan kendaraan tersebut hebat atau tidak. Karena performa sebenarnya dari kendaraan terukur pada saat dikendarai (on wheel). Komposisi seutuhnya atau karakteristik power/kemampuan kendaraan on the road dipengaruhi berbagai racikan aspek dari kendaraan itu sendiri seperti elastisitas shock breaker, ukuran rangka body, panjang sumbu roda dsb dll yang akhirnya mempengaruhi pergerakan dan keseimbangan kendaraan tsb vs g-Force and wind-Force.

Analoginya seperti seorang petarung pencak silat (sebut saja si master) yang mempunyai banyak jurus dan body kekar ternyata setelah duel gaya bebas dengan petarung yang bertubuh ramping, si master ini K.O karena si ramping lebih efisien menggunakan tenaga dan si master sudah ngos-ngosan karena jarang latihan.

Jadi bukannya saya tidak percaya dengan hasil dyno test karena bisa saja pabrikan memperbesar power (karena ongkos produksi nambah dikit material powernya lebih murah) untuk menutupi kekurangan lain yang ada. Karena di sisi lain dyno test tetaplah bermanfaat untuk menampilkan statistik perbandingan kinerja kendaraan sebelum atau sesudah dioprek misalnya.  So, kalo pengen menang sesuai kapasitasnya, si master ini harus dituned up dong (bahasa kompina overclocking) dalam batas enduransinya.

Tidak ada komentar:

XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag ini (untuk menambahkan link dst): a href="",b,strong,del,i,strike

Posting Komentar

You may also like

Baca juga

You may also like

LinkWithin