Minggu, 04 Mei 2014

Sekilas belajar Otomotif bagi pemula (atau orangtua?),,,CMIIW

http://bukanalay.wordpress.com/image
* ojo ditiru rek *

Abang dan noni sekalian,

Bagi yang pemula kayak saya, penulis tampilin sedikit tautan (atau rangkuman) untuk baca-baca saja (bukan disingkat bc-bc ya wkwkwkwk) * bagi yang mo nambahin tautan silahkan *

Sejarah

Sepeda motor adalah kendaraan beroda dua yang digerakkan oleh sebuah mesin. Letak kedua roda sebaris lurus dan pada kecepatan tinggi sepeda motor tetap stabil disebabkan oleh gaya giroskopik. Sedangkan pada kecepatan rendah, kestabilan atau keseimbangan sepeda motor bergantung kepada pengaturan setang oleh pengendara. Penggunaan sepeda motor di Indonesia sangat populer karena harganya yang relatif murah, terjangkau untuk sebagian besar kalangan dan penggunaan bahan bakarnya serta serta biaya operasionalnya cukup hemat. (more...)

Teknik otomotif

Teknik otomotif adalah salah satu cabang ilmu teknik mesin yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membuat dan mengembangkan alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin, terutama sepeda motor, mobil, bis dan truk. Teknik otomotif menggabungkan elemen-elemen pengetahuan mekanika, listrik, elektronik, keselamatan dan lingkungan serta matematika, fisika, kimia, biologi dan manajemen.

Cabang-cabang dari teknik otomotif meliputi :

    Perencanaan (product atau design)
    Pengembangan (development)
    Produksi (manufacturing)
    Perawatan (maintenance)

Di Indonesia saat ini cabang yang sangat berkembang adalah perawatan dan umumnya mengenai perawatan mobil dan sepeda motor. (more...)

Mengenal arti cc pada mesin motor

Mungkin kita semua sering mendengar sebuah merek motor dengan diikuti sebuah kata cc. Misalnya Yamaha Jupiter 110cc, Honda Supra X 100cc, Kawasaki Ninja 250cc dan banyak lagi.

Tapi tahukah anda apa yang dimaksud dengan istilah cc pada bagian belakang nama merek motor diatas??

Oke kita bedah yuk arti Cc tersebut…

Cc adalah satuan volume singkatan dari centimeter cubic.pada mesin motor sendiri cc adalah satuan volume silinder pada sebuah mesin.

Kemudian bagaimana kita bisa tau kalau sebuah motor punya besaran cc misal 125cc, 110cc, 100cc dan lain sebagainya???

Untuk mengetahuinya ada sebuah rumus yang kita gunakan (more...)

Apa arti makna dari akselerasi dan torsi?

Apa artinya?

Akselerasi artinya adalah pertambahan kecepatan.

Sedangkan "Top Speed" atau kecepatan puncak adalah kecepatan maksimal yang bisa ditempuh oleh sesuatu yang bergerak.

Semakin baik akselerasi yang dimiliki oleh suatu kendaraan, maka akan semakin cepat kendaraan itu meningkatkan kecepatannya. Ingat, bukan semakin cepat secara keseluruhan, melainkan pertambahan kecepatannya yang semakin baik.

Kendaraan yang akselerasinya baik, belum tentu memiliki kecepatan puncak yang tinggi. (more...)

Kombinasi silinder pada mesin motor 4tak

Anda punya pilihan. Suara yang nyaring atau performa maksimal – tetapi Anda tidak dapat memilih dua-duanya. Silinder yang lebih sedikit, bersuara besar dan berkaitan dengan sikap (atitud) pengendara motor dan budaya cruiser. Tetapi silinder yang sedikit  membatasi rpm maksimal sepeda motor.

Ini berdampak pada performa, akselerasi, power dan torsi. Namun pada putaran rendah  hanya ada sedikit untuk pilihan antara 2, 3 dan 4  silinder-.. biasanya 2 silinder memberikan torsi lebih pada putaran mesin rendah. (more...)

Rake and Trail : mengenal dua parameter penentu Handling dan Cornering

Apa yang membuat satu motor berbelok lebih baik dari motor lain? Apakah kemudi berat? Apa karena “rake” dan “trail” nya?

(more...)

“The Best Engine” Bukan Mesin Motor Biasa, Tetapi VR6 Engine

Bila kita ditanya mesin yang baik bagaimana, maka jawabnya adalah mesin yang powerfull dan efficient, yaitu sebuah mesin yang bisa bikin motor kencang dan irit. Dari kedua paramater tadi (power dan efisiensi) maka kita bisa melihat dari sebuah aspek saja atau kombinasi dari keduanya. Jika ingin mesin paling besar powernya yang yang paling besar cc dan paling banyak silindernya. Jika ingin mesin yang paling efisien, yang yang paling kecil cc nya, satu silinder dan paling irit/lemot. Mesin yang baik harus bisa memadukan keduanya, powernya besar dan relatif paling efisien di kelasnya. (more...)

Ada Sesuatu yang Menakutkan Bagi Kompetitor dalam ...

Dengan EMS yang baik, maka injektor akan mengeluarkan bensin seperlunya. Misalnya ketika ngerem, ketika menikung dan lain2, sehingga bisa semakin irit. Bahkan dengan kombinasi rugi2 yang lebih kecil, campuran bisa dibuat lebih kurus (irit) tanpa menurunkan power. (more...)

Akhir kata, dalam "adu balap di arena manapun (trek panjang)", efisiensi (durabilitas/konsistensi) mestinya lebih baik daripada kecepatan (speed) dan kekuatan (power) semata. Yo po ra sih???

5 komentar:

  1. bantu klik ya...klik aja kok..
    http://jobnite.com/index.php?task=57156

    BalasHapus
  2. nice pos bos http://oedin04.blogspot.com/2014/05/power-steering.html

    BalasHapus
  3. http://oedin04.blogspot.com/2014/05/power-steering.html

    BalasHapus
  4. JIKA ANDA SERING KALAH DALAM BERMAIN TOGEL,SILAHKAN HUBUNGI om agus DI NOMOR -085399278797- UNTUK PEROLEHAN ANGKA SGP/HKG 2D 3D ATAU 4D YANG AKURAT TEMBUS DAN TIDAK MENGECEWAKAN ANDA SEKELUARGA. atau klik http://togelmalaysia34.blogspot.com/

    BalasHapus
XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag ini (untuk menambahkan link dst): a href="",b,strong,del,i,strike

You may also like

Baca juga

You may also like

LinkWithin