Kamis, 08 Mei 2014

Tips menghadapi sales 'nakal'

http://lh4.ggpht.com/-INnbpe_Shms/Uh8wV0WVBYI/AAAAAAAABh4/Is0IWz5QTWA/Rumus%252520matematika_thumb%25255B2%25255D.png?imgmax=800

Dear kangbro dan mbakyu sekalian,

Tidak semua sales itu 'nakalan'. Tapi kali ini saia akan coba memberikan tips bagaimana menghadapi sales yang suka merayu kita sebagai calon konsumen, termasuk juga menghadapi jurnalis-jurnalis media yang sering membuat sensasi dalam berita2nya (maklumlah bro, biar dagangannya laris) ;-)

Caranya cukup simpel yaitu ajukan "10" pertanyaan kepadanya, terdiri dari 10 kelebihan dan 10 kekurangan produknya.

Kalo basa-basinya terlalu banyak, ya pake saja kombinasi 5-5, yakni tetap 10 pertanyaan. Kenapa 'harus' 10?

Karena bilangan 10 dan kelipatannya adalah bilangan 'sempurna' (genap/utuh). Tetapi kalo lagi gak mood, ya turunkan saja menjadi 7 pertanyaan.

Mengapa 7? Ya karena 7 adalah bilangan 'alamiah'. 7 lapisan atmosfir di bumi, 7 warna pelangi, 7 tangga nada dan 7 hari dalam seminggu adalah fakta-fakta yang sangat alami. Kombinasinya adalah 4 kekurangan dan 3 kelebihan. Lho koq gitu?

Sudah jamak orang berpikir klo sebelum mengambil keputusan, biasanya berpikir kemungkinan jeleknya dulu sebanyak-banyaknya (faktor resiko).

Tetapi kita juga tetap harus berpikir positiflah (iyalah bro, namanya buatan manusia kagak ada yang sempurna). Karena itu jika kita menemukan 3 kelebihan, maka memiliki poin yang berimbang dengan 4 kekurangannya.

Terus mungkin juga ada yang nanyak napa nggak 9 atau 1 pertanyaan saja? Yak kalo 9 kan sudah ada 10, napa gak sekalian? Lha kalo 1 juga  terlalu sedikit, buat apa juga. 1 juga bilangan Tuhan. Tuhan tidak ditanya, tetapi kitanya.

Trik ini juga sebenarnya juga bermanfaat bagi salesnya sendiri (self-koreksi), agar tidak suka-suka menampilkan info yang menyesatkan (istilahnya talk more, do less). Demikian juga user akan semakin cerdas dan terdidik sebelum memutuskan pilihannya.

Yapz. Ini hanya sekedar share ide ajah. Karena itu mangga klo ada ide lain yang lebih baik menurut brosis masing2. Semoga bergoenah dan selamat dikoenyah-koenyah. 

1 komentar:

  1. nice
    http://rohimmoto.wordpress.com/2014/05/09/web-untuk-inden-r25/

    BalasHapus
XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag ini (untuk menambahkan link dst): a href="",b,strong,del,i,strike

You may also like

Baca juga

You may also like

LinkWithin