Rabu, 14 Mei 2014

[ Ulasan ] Perang pabrikan: Pada tingkat tertentu bisa saja terjadi koalisi,,,

http://asjapinstitute.files.wordpress.com/2011/11/sumpah-okkkk-1.gif?w=300
Bro sam sekalian,

Mungkin ndak terlalu mengherankan kalo pada tingkat prinsipal bisa saja terjadi kerjasama di antara para pelaku usaha.

Gampangannya begini, si A akan membuat produk yang terkesan biasa-biasa saja supaya si B bisa membuat produk yang 'luar biasa'. Demikian juga dengan si C, produknya akan memiliki diferensiasi (entah banyak atau sedikit) daripada si A atau si B.

Nah maksud kerjasama ini adalah agar Market Share hanya berputar pada A, B dan C saja (yang mungkin hanya berasal dari 1 domain/negara saja).

Jadi akibatnya produk si D, E, F dst menjadi mati kutu menghadapi kapitalistik semacam ini. Yang lebih parah lagi, pada tingkat akar rumput (baik karyawan dan konsumennya) akan cekcok satu sama lain memperebutkan 'pepesan kosong' karena tidak menyadari adanya sebuah pola divide at impera dari tingkat atas (sengaja disembunyikan).

Belum lagi (pada tingkat ekstrim) jika para konglomerasi tadi ternyata membayar provokator agar 'perang' tetap berlangsung sehingga produk A, B dan C tetap eksis.

Mungkin nanti tiba saatnya 'perang' akar rumput ini akan berakhir. Dan sudah saatnya pula membangun dan menikmati produk-produk nasional tanpa selalu bergantung pada produk impor.

Toh fungsi sandang, pangan dan papan pada umumnya hanya untuk mempermudah aktivitas saja, bukan untuk gaya-gaya-an ajah.

Kata Pak Guru, "Andakah kelinci percobaan itu?"

Cheerio...

1 komentar:

  1. Kalau penguasa mau memberikan ruang kepada otomotis nasional, maka nasibnya akan sperti Proton...raja di negeri sendiri...ribet ye mau komen di blogspot wkwkwkwk

    http://kobayogas.com/2014/05/15/aksesoris-baru-kebanggaan-honda-honda-premium-safety-jacket/

    BalasHapus
XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag ini (untuk menambahkan link dst): a href="",b,strong,del,i,strike

You may also like

Baca juga

You may also like

LinkWithin