Minggu, 04 Oktober 2015

Pingin gonta-ganti motor, tapi budget terbatas? Apa caranya yang fair?

Biker juga manusia
Spada gaes,

(Prolog)

Sebenarnya apa sih definisi biker sejati? Apakah memiliki sebuah moge/superbike, menjadi member klub motor, mengoleksi selusin motor, menjadi pembalap sirkuit pasar senggol, menulis artikel motor tiap hari, atau apa?

Tiap orang tentu mempunyai definisi sendiri dan itu sah-sah saja (di dunia semu ini). Nah ane punya definisi yang lebih pas mengacu ke termin 'sejati' itu sendiri.

Sejati itu tidak sama dengan ideal(is). Biker sejati tidak sama dengan biker ideal(is), apalagi biker maniak (yang condong bermakna negatif). Ideal identik dengan kecukupan, kemapanan. Sementara sejati itu secara esensi artinya murni, inti, core, orisinil, tulen, rendah hati. Kesejatian dapat dilakukan oleh orang awam, meski mungkin berat. Sementara keidealan hanya dapat dilakukan oleh orang mapan.

Karena itu biker sejati adalah biker dalam artian yang sebenarnya (bukan aksesoris atau atribut yang dipakai), yaitu perilaku atau tugas seorang biker (bukan apa motornya) misal tertib aturan di jalan, taat hukum, taat dalam ibadah melebihi 'ritual' kepada motornya, mengutamakan pejalan kaki dan penyeberang jalan, tidak menerobos lampu merah dan sewenang-wenang di jalan dst. #iso po ra? klo aye sih blom menjadi biker sejatilah, masih lipstikan....wekaweka

Nah,,,,kembali ke topik, bagaimana sih agar bisa menjajal berbagai motor dengan modal cekak? (dan tanpa relasi?) Nih beberapa caranya:
  1. Kita tetap harus memiliki modal. Tanpa modal apapun itu namanya NGIMPIII....!
  2. Kalau ada test ride produk baru usahakan hadir.
  3. Kalau ada persewaan motor atau mobil, usahakan sewa saja barang sehari. Lain hari, sewa lagi motor atau mobil yang berbeda.
  4. Jangan beli motor secara cash. Nah, saat gak bayar cicilan, mungkin uang DP & motor kita lenyap, kerja lebih giat lagi, ambil motor laen di dealer lain secara kredit lagi, bayar DP lagi. Tapi jangan sering-sering, ntar di blacklist diler/leasingnya loh... #agak kontroversi sih, boleh gak? Yang penting kan bayar hehe * pilih leasing yang syariah *
  5. Bekerjalah di bidang permotoran seperti montir bengkel, pegawai showroom, atau wartawan automotif.
  6. Kalau usaha sudah maksimal, tapi hasrat gak juga kesampean, maka bersabarlah dan tingkatkan amal ibadah (sebagai modal). Harapan kita adalah agar kita dapat mencoba berbagai motor (yang lebih besar, lebih nyaman & lebih banyak) suatu saat di akhirat. Hal ini berdasar hadis berikut:

    "Ada seseorang di surga menginginkan sesuatu seperti di dunia, maka malaikat (membantu) mengabulkan/mendapatkan permintaan orang tersebut. Orang tersebut kemudian berkata: 'Inilah yang pernah kudapatkan di dunia dulu'" (Al Hadis)

    "Allah telah menjadikan rahmat itu 100 bagian, dan Allah menahan / menunda di sisi-Nya pemberian terhadap 99 rahmat (pada hari kiamat). Dan Allah hanya (baru) menurunkan 1 bagian rahmat ke bumi" (HR. Muslim)

Merdeka!

* Bonus (epilog):

- Bekal pengendara: (sebuah opsi)
"Sesungguhnya akan cukup bagimu itu apa yang terdapat diatas dunia ini seperti bekalnya seorang pengembara/musafir " (Muttafaq Alaih)

- Tips automotif: (roda dua)
Lampu rem tidak menyala, kemungkinan kerusakannya adalah:
a. Akinya tidak ada strum.
b. Lampu remnya putus.
c. Masa/body untuk dudukan/fiting lampu rem kotor/karatan.
d. Sekring/fuse putus.
e. Kabel-kabel dari aki ke switch rem dan dari switch rem ke lampu rem tidak tersambung/putus.
f. Switch rem tidak bekerja (tidak menyambung). Solusi: ganti switch remnya.

1 komentar:

  1. Bukan Alay, buly?: Waspadai....jebakan: "Hedonic Treadmill": Narsis dhisik ker..#eh Sharing meneh cak, Pertanyaannya : kenapa makin tinggi income seseorang, ternyata makin menurunkan peran uang ...

    BalasHapus
XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag ini (untuk menambahkan link dst): a href="",b,strong,del,i,strike

You may also like

Baca juga

You may also like

LinkWithin