Sabtu, 28 Maret 2015

Kebaikan dan keburukan motor bermesin dua silinder secara sisi sosialitas

2 Silinder? ... disitu kadang saya merasa sedih...preett!
Yap cmiiw,

Menurut data yang ane ketahui, motor 2 silinder itu sebenarnya bukanlah menjadi mainstream di dunia saat ini *) dan aplikasinya seperti menjadi 'agak basi'. *) untuk cc tanggung yah...

Berikut mengenai kekurangan mesin tersebut ditinjau dari aspek sosial dan nilai ekonomisnya (studi kasus di Indonesia):

1. Untuk negara berkembang, motor 2 silinder sebenarnya lebih boros dan lebih beresiko dalam segi perawatan & BBM dibanding 1. Cukup jelas logika itungannya bro, 2 > 1. Belum lagi ada tambahan pajak progresif untuk kelas 250cc keatas. * S & K berlaku *

2. Meski memiliki gestur lebih stabil, tapi 'mau ngebut dimana?' # nyolek siapa nih? Mau dioprek dalam balapanpun, biayanya lebih mahal (dibanding yang 1).

3. Selain ban cacing, motor 2 silinder knalpot freeflow bisa juga dianggap motor alay. What??? Why?

Kesan dolby sound stereo dari efek knalpot yang diganti, hukumnya masih dipertanyakan. Ambang kebisingan yang ditimbulkan kalau makin banyak motor dengan knalpot racing beredar/melaju di jalanan umum justru akan menjadi 'sasaran empuk' bagi aparat penegak hukum (apalagi jika hukum semakin hari semakin diperketat, masih adakah guna 2 silinder?)

4. Dari segi bobot/berat, motor 1 silinder relatif masih lebih ringan. Tentu ini agak mengurangi beban bagi yang suka bawa motor besar.

5. Untuk urusan litbang pabrikan, motor 2 silinder sewaktu2 bisa didiskontinyu dan terpinggirkan karena alih2 memboroskan biaya bermain di 2 silinder, nanggung, mending ke 3 & 4 silinder sekalian, meski ini biasanya hanya diterapkan pada mesin diatas 250cc.

Sedang kebaikannya adalah sebagai berikut:

Menaikkan gengsi dan citarasa bagi para pemakainya. Apalagi dengan dana 40-50 jutaan bisa memperoleh motor 'bernuansa' moge yang mana moge 'betulan' harganya bisa seperti mobil baru.

Tapi dengan segala kelebihan motor 2 silinder, untuk mengantisipasi 'kekurangannya', ada baiknya pihak pabrikan (khusus pasar di Indonesia) membuat saja motor (untuk cc nanggung) tanpa mekanisme 2 silinder (misal pakai 1 silinder saja) dengan desain 'super duper' lancip2 (untuk kepuasan user & fansnya) dan tanpa harus bergantung pada aksesoris 'booming-sound'-nya

Ini sih menurut ane, bagaimana kalo menurutmu?

Referensi:

http://www.animatedengines.com/
http://en.wikipedia.org/wiki/Motorcycle_engine
http://motorcycleuniversity.net/freeclasses/beginnerbike.php
https://answers.yahoo.com/question/index?qid=20101220211403AA2RFpZ
http://www.bestbeginnermotorcycles.com/getting-started-beginner-motorcycle-guide



* Bonus:

- Quote of The Day:

"Konflik selama ribuan tahun bermula karena ADA YANG DILANGGAR"  (Centrovista)



- Game 'kuis' hiburan untuk para blogger:

Tebak  pola permainan (aktor2) ini,

NewSatriaFU150 NewJupiterMX150 NewVario150

Serupa tapi tak sama, sama tapi tak serupa -- Mana jawaban yang paling sesuai dengan sikon diatas?

a. Saling melengkapi
b. Saling berbagi
c. Saling memahami
d. Saling 'menghormati'
e. ...
* aktornya tambah Athlete 125 wis... :-p

2 komentar:

  1. mf OOT,,,

    turut berduka cita bagi almarhum Olga Syahputra. Terlepas dari segala kekurangannya, mudah-mudahan segala amal baiknya dapat diterima disisi Allah SWT. Amiien...

    BalasHapus
  2. Bukan Alay, buly? #huff: Antara Honda dan Kawasaki: Honda memilih safety, K...: Mbak-mbak dan mas-mas setanah air, Berikut sedikit alaysis, eh analisis yang ada, Dalam beberapa tahun terakhir ini, peta pertarunga...

    BalasHapus
XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag ini (untuk menambahkan link dst): a href="",b,strong,del,i,strike

You may also like

Baca juga

You may also like

LinkWithin