Minggu, 24 Agustus 2014

[ Teori ] Antara Optimisme dan Pesimisme, apa ukurannya?

centrovista image2 {TM}
P.S.K.I ~ Blessing in disguise
* studying version *

Kerapkali para motivator menuturkan kalo kita harus selalu optimis dalam situasi apapun, karena rasa optimis akan membangun energi positif yg dapat meningkatkan kemampuan dan menangkal ketidakberdayaan.

Cuman segala sesuatu memang ada ukurannya (batasannya). Misal baik-buruk, besar-kecil, mudah-sulit, halal-haram dst, sehingga kita lebih realistis.

Nah menurut ane, ukuran/bukti optimisme adalah adanya usaha, peluang/kesempatan dan hasil. Faktor hasil berhubungan dengan visi-misi & target. Target terdiri dari target jangka pendek, jangka menengah, jangka panjang, lokal dan global. 

Target jangka panjang berkaitan dengan visi & misi. Misi-visi berkaitan dengan niat. Niat baik akan menghasilkan hasil akhir yang baik meski target/misi belum tercapai, karena niat baik berhubungan dengan ketulusan. Dalam ketulusan/keikhlasan ada ketenangan, karena ndak ada chaos, kontradiksi, kontroversi & kontraproduktif. Ketulusan yang hakiki hanya terjadi kalo ada konektivitas dengan 'Tuhan Yang Maha Benar'.

Nah gitu aja 'ceramahnya' bro. Any questions? .....xixixi

NB: 
~ Tidak hanya koalisi yang diminta untuk tidak mengganggu, pemerintah juga jangan mengganggu donk ~ Pengamat


* Bonus:
- Kutipan "10 Tips Berkomunikasi di saat yang sulit"

Kemampuan berkomunikasi yang efektif adalah salah satu aspek esensial dari kualitas kepemimipinan. Seorang pemimpin yang baik tidak hanya berperan sebagai penghubung, tetapi juga dapat memberikan pernyataan visi yang mampu menginspirasi orang lain. Pemimpin harus berikap terbuka & jujur tentang apa yang mereka lakukan & pikirkan.

Memimpin orang lain bukanlah pekerjaan mudah. Di masa krisis, tantangan bagi para pemimpin justru jauh lebih besar & sulit. Komunikasi yang efektif dibangun atas dasar kepercayaan, visi, harapan, harga diri & keyakinan.

- Tips membedakan situs/media pembela HAM itu kredibel atau tidak

Ukuran komprehensifnya adalah berita2nya yang membela segala bentuk penindasan/pelanggaran secara obyektif, baik itu thd individu/kelompok/negara, minoritas & mayoritas. Kalo masih dipilih2 beritanya, media tsb tidak direkomendasikan sebagai referensi.   

1 komentar:

XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag ini (untuk menambahkan link dst): a href="",b,strong,del,i,strike

You may also like

Baca juga

You may also like

LinkWithin